Tips dan Trik Membangun Rumah Impian

Sudah banyak perumahan yang menawarkan rumah dengan desain yang menarik. Kebanyakan didalam satu atau dua blok dibuat desain dan konsep yang seragam. Untuk beberapa orang yang memiliki selera yang unik, kreatif dan artistic, mereka cenderung memiliki ide sendiri untuk untuk membangun rumah. Berikut ini tips dan trik untuk membangun rumah impian anda.

 

 

  1. Tentukan Lokasi

Pilih lokasi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan penghuni. Perhatikan jarak ke tempat ibadah (mesjid), sekolah, pasar, rumah sakit, dan kuliner. Adapun beberapa factor yang menjadi nilai tambah yaitu pemandangan (view), jarak ke tempat tempat wisata, keasrian dan lingkungan masyarakat.

 

  1. Perbanyak materi mengenai arsitektur, struktur bangunan dan bahan bangunan.

Hal ini berguna agar pada saat berkonsultasi dengan arsitek dan kontraktor menjadi lebih efektif dan efisien sehingga keinginan anda dapat dengan mudah dijelaskan serta dapat meminimalisir miscommunication yang beresiko adanya revisi di tengah – tengah pembangunan yang memungkinkan penambahan biaya.

 

  1. Buat daftar kebutuhan dan fungsi rumah.

Terkait dengan denah, perhitungkan kebutuhan ruangan, kamar tidur, kamar mandi, dapur dll untuk jangka panjang. Misalkan bila anda adalah pasangan muda, tentunya rumah dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi sudah cukup, tapi perlu diperhatikan rencana pertumbuhan keluarga di masa yang akan dating. Sebaiknya jika anda hendak membangun rumah 1 lantai, perhitungkan untuk struktur 2 lantai.

Adapun kebutuhan fasilitas, perhatikan jalur listrik, air, pembuangan dan internet.

 

  1. Cari referensi desain dan konsep 

Banyak konsep rumah seperti vintage, modern, classic, minimalis, tropis, scandinavian dan masih banyak lagi. Pilih yang paling sesuai dengan selera anda. Perhatikan  fungsi, denah, interior dan sirkulasi.

Dalam menentukan desainnya, perhatikan bahwa desain yang akan dipilih tidak cepat ketinggalan zaman karena rumah adalah investasi jangka panjang.

 

  1. Cari Arsitek

Dalam mencari arsitek, mintalah referensi atau portofolio desain yang sudah pernah dibuat. Selera desain setiap orang berbeda – beda, maka setiap arsitek memiliki taste design yang berbeda. Maka pilih lah yang sesuai dengan taste anda. Tetapi, arsitek yang handal adalah dia yang sudah bisa membaca minat kliennya.

 

  1. Cari Kontraktor

Sangatlah penting peranan kontraktor, anda harus sangat selektif dan kritis dalam memilih kontraktor. Lihat proyek yang telah mereka jalankan, perhatikan tingkat keberhasilan dan kualitas bangunannya. Ketika anda sudah menentukan kontraktor untuk membangun rumah anda,  Pastikan Anda membuat kontrak tertulis yang detail dan jelas mengenai deskripsi pekerjaan, material, waktu, biaya, dan sanksi jika pekerjaan tidak sesuai perjanjian.

 

  1. Budget

RAB (rencana anggarab biaya) bisa ditentukan dari tahap arsitektur dan konsultai dengan kontraktor. Sebaiknya siapkan cadangan dana 10-15% dari estimasi anggaran pembangunan rumah karena sangatlah mungkin anda memiliki ide perluasan atau tambahan lainnya.

 

  1. Cari Tahu Cara Mengurus IMB

Ingatlah untuk   mengurus IMB dengan benar sebelum memulai pembangunan. IMB bermasalah akan membawa bencana bagi keseluruhan proses, bahkan bisa mengakibatkan kegagalan dan kerugian besar. Pastikan jalur pengurusan sesuai dengan ketentuan resmi. Jangan mengambil jalan belakang ataupun mengandalkan bantuan calo nakal.

Nah sebagai referensi dan solusi untuk keseluruhan poin di atas, Kami Aulia Java Land saat ini sedang menjalankan proyek Cluster Pesona Lembang, perumahan berkonsep desain suka – suka (customized design) bernuansa villa. Lokasi yang strategis, arsitek yang handal adalah keunggulan kami.

Kami senang anda berkonsultasi pada kami, dan kami mendesain, membangun, mengurus legalitas. hingga kami pun menjalankan jasa KPR syariah.

Hubungi kami 081221200303

Kantor Pemasaran :

Jl. Kolonel Masturi No. 41 Lembang – Bandung Barat

 

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *